Trik Memperbesar Kapasitas RAM Android dengan Virtual Memory/RAM-Swap


RAM Android

 

Ok langsung saja gan, sudah bukan rahasia lagi kalau kapasitas RAM yang hanya 512 MB (cuma 372 MB malah) sudah terlalu kecil untuk meng-handle OS Android yang makin kesini update-nya makin haus RAM.

Kalo jaman froyo, 512 MB masih okelah.

Tapi ICS ke atas dan mengharapkan true multi-tasking??? Oh tidak…
 
Terus bagaimana dong solusinya?

Mau beli Handphone baru dengan RAM besar tapi sayangnya duit sedikit seperti saya, hehe...

Untungnya kita make OS Android yang hampir semuanya bisa di modifikasi.

Dengan memanfaatkan Kartu Memori, kita bisa manfaatkan kapasitas yang ada di Kartu Memori sebagai virtual Memory (RAM Swap/Memory swap).

Dengan metode RAM Swap ini, jadilah dengan RAM 512MB disulap seakan memiliki RAM sampe 3 GB jika kamu mau!

Oke tanpa panjang lebar, langsung masuk tutorialnya saja…

Persyaratan:

  1. Kartu Memori yang mau dijadikan, memori minimal class 6 (kemampuan read di atas dari 6 MB/s), lebih bagus lagi kalo class 10. Di bawah itu bakalan ngefek ke performa yang nggak bagus (lag, lemot, dll).
  2. Ruang kosong di kartu memori untuk membentuk Swap file. Kalo kamu mau nambah 500MB RAM, berarti harus ada ruang sebesar itu di kartu memori
  3. Handphone kamu WAJIB sudah di root
  4. Kernel di ROM kamu harus support kernel swap
  5. Aplikasi Pendukung untuk RAM Swap: Roehsoft RAM Expander (SWAP). Info lebih lengkap tentang aplikasi ini di play store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.swapit.expander.de


Petunjuk Instalasi:

  1. Install APK seperti biasa. Pastikan setelah dibuka pertama kali, aplikasi mendapat akses root/ superuser permissions.
  2. Pada menu awal, klik tombol Setting (capacitive button), pilih SDCARD Directory untuk menentukan dimana swapfile akan disimpan/terbentuk. Bisa disimpan di int atau ext sdcard.
  3. Di menu awal, pada isian Size (mb), isikan besaran swapfile yang akan digunakan sebagai virtual memory/RAM. Contoh: Jika diisi 500, maka total memory nanti menjadi: 500 + 372 (real RAM) = 872 MB. Jika Tombol “Optimal Value” pada pokok kiri bawah di klik, maka sistem akan secara otomatis mengisi besaran nilai pada isian Size (Mb), sesuai dengan ruang kosong maksimal yang ada di SD Card.
  4. Pada isian Swappiness, di isi dengan range angka 0 – 100. 0 berarti kernel tidak menggunakan swapfile, dan 100 berarti kernel akan swap setiap memori yang ada ke Kartu Memori. Silahkan mencoba sendiri besaran value yang paling pas menurut kamu.
  5. Jika isian Size (mb) dan Swappiness sudah terisi, silahkan di check Swap active yang ada di pojok kiri atas. Silahkan tunggu sampai proses pembentukan swapfile selesai. Lama proses sangat bergantung pada besaran swapfile yang dibentuk dan seberapa cepat kartu memori kamu (Sekitar 1 menit untuk membentuk 500MB swapfile dengan kartu memori class 10). Jangan sentuh Handphone sampai proses pembentukan swapfile selesai !
  6. Jika kamu “beruntung”, di menu awal akan kelihatan total memori Handphone kamu akan bertambah (besar RAM + besar SWAP). Jangan lupa terakhir di cek juga pilihan Autorun, agar aplikasi langsung berjalan saat Handphone pertama kali aktif. Selesai! Setelah di aktifkan ulang lagi, akan terasa memori kamu jadi lebih lega dibanding sebelumnya.


Secara sistem, memang RAM bakalan tetap kelihatan 372MB, karena secara default tidak menayangkan Swap RAM.

Tapi secara real, bakalan keliatan perubahannya.

Perubahan yang saya amati setelah menggunakan RAM Expander:

  1. Multi tasking jadi lebih lancar, maen game-game berat juga tidak pernah force close lagi gara-gara kehabisan memory.
  2. Handphone terasa lebih responsif dan lebih cepat (tergantung kemampuan Kartu memori dalam mengatur swapfile)

Catatan Penting:

  1. Jangan lepas kartu memori ketika swap dalam posisi aktif! Nanti aplikasi dan swapfile yang sudah kebentuk akan crash.
  2.  Metode RAM Swap memiliki potensi memperpendek umur Kartu memori, meskipun resikonya kecil mengingat Kartu Memori generasi sekarang punya kemampuan read/write hingga jutaan kali.
  3. Saya tidak bertanggung jawab bila ada kerusakan baik di Handphone ataupun Kartu Memori kamu (secara developer nya juga tidak mau ). Jadi resiko ditanggung penumpang.
  4. Secara aplikasi ini amat sangat berguna menurut saya dan bikin makin sayang sama, saya sangat menganjurkan untuk membeli langsung aplikasi ini secara resmi atau bukan bajakan jika anda MAMPU , untuk lebih mendukung dev-nya (secara harganya lumayan sadis $ 8.99)


Sumber : New Official MITO A300
Judul : Trik Memperbesar Kapasitas RAM Android dengan Virtual Memory/RAM-Swap
Rating : 100% based on 9759 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Ilham Sanusi

Terimakasih atas kunjungan Sobat beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jika ada yang kurang paham dapat ditanyakan melalui kotak komentar dibawah ini.