Istilah-istilah dalam dunia Android

Kamus Android
Berjumpa lagi bersama saya untuk men Share artikel lagi.

Buat para newbie, termasuk saya, ada sedikit pelajaran nih, bisa di pahami dan dimengerti. 

What This Is??? Langsung saja dibaca gan !!!!

1.APK= Android Package, seperti IPA di iPhone (buat pengguna iPhone), SIS dan SISx di Symbian s60 (saya kurang begitu tahu, sekarang masih menggunakan extensi sis atau tidak), atau JAR di BlackBerry (buat pengguna BlackBerry) dan java based devices lainnya. Intinya, file-file dengan ekstensi .apk bisa digunakan untuk menginstall aplikasi di android device.

2.Adb= command buat menjembatani perintah di android lewat PC, kalau adbshell termasuk bagiannya. Extensi command adb ada banyak, seperti adb push, adb pull,adb install, dll. Syarat adb bisa jalan = driver adb mesti sudah terpasang di PC, biasanya di device manager (windows) akan terlihat android adb composite device, driver adb biasanya dari vendor pembuat devicenya. kalau nexus, htc magic, dream bisa pakai driver bawaan usb. Kalau motorola milestone bisa dari CD bawaannya atau pakai motorola software update. 

3.Adb.exe= bisa diambil dari sdk (sudah include didalam android sdk) ada di folder tools, untuk mengetahui fungsi command adb bisa dengan mengetik "adb help".

4.Adb shell logcat= buat mengetahui proses yang terjadi diandroid, berguna banget saat experiment flashing rom.
5.Alpha = Tahap uji coba oleh developer dan orang-orang tertentu, biasanya belum stabil dan terkadang mengalami crash.

6.Augmented Reality = teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan,namun Augmented Reality hanya menambahkan atau melengkapi kenyataan. Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat Augmented Reality sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.

7.Apps2SD= Proses memindahkan/menyimpan aplikasi ke SDcard selain ke memori internal.

8.AOSP= Android Open Source Project, Ini adalah nama kode yang diberikan google untuk rilis Android yang berbeda. Keterangan dengan contoh berikut mungkin akan lebih jelas. Misal, google merilis HP Android NEXUS dan menggunakan ROM asli yang dikembangkan oleh google sendiri. Kemudian Samsung, HTC, LG menggunakan kode AOSP Android tadi dan melakukan modifikasi sesuai keperluan mereka. Modifikasi bisa dilakukan di interface dan tampilan contohnya Samsung Touchwiz, HTCSense, Motorola motoblurr dan lain-lain. CyanogenMod adalah contoh custom ROM berdasarakan kode AOSP google.

9.Beta= Tahap dimana user akan memberikan feedback/umpan balik kepada developer tentang keluhan-keluhan/bug yang ditemukan.

10.Boot= Proses menghidupkan handheld.

11.Bootloader= gabungan SPL dan IPL yg menjadi dasar dr sebuah device.

12.Bootloader Mode - FASTBOOT load= Tombol Camera + Power, pada modeboot ini, kita bisa meng-install image sebuah sistem yang ada/ditaruh diSDcard dengan menekan tombol Power lagi. 

13.BootLoop= device melakukan boot terus menerus (berulang-ulang) / terjebak dibootanimation, tidak dapat masuk ke OS. Akibat kesalahan flashing atau ada file milik system yang tidak berjalan dengan baik.

14.Busybox= sebuah toolbox yang popular dengan linux commands seperti contohnya: cp, mv, dan lainnya. Hanya dapat digunakan pada HH yang sudah memiliki hak akses administrator atau “rooted” Android phone. (semacam bentuk perintah)

15.BWK= bandwidth killer (istilah ini digunakan ketika menjalankan aplikasi yang bersifat online dan menyedot pemakaian bandwidth yang sangat besar).

16.BRICK(ed) = kondisi dimana device sudah tidak bisa di-recover ,sehingga bisa dianggap seperti batu-bata (brick) yang dapat digunakan untuk ngelempar anjing (kalau dbutuhkan). 

17.BSOD= Blue screen of death.

18.Cache2SD= Proses memindahkan/menyimpan Cache dari ROM ke SDcard.

19.CIF= Common Intermediate Format, adalah format standar resolusi photo/video yang menunjukan ukuran horizontal dan vertikal dalam besaran pixel. Turunan dari CIF adalah :
SQCIF (Sub Quarter CIF) = 128 x 96
QCIF (Quarter CIF) = 176 x 144
CIF = 352 x 288
4CIF (4x CIF) = 704 x 576
16CIF (16x CIF) = 1408 x 1152
DCIF (Double CIF) = 528 x 384 20.
Cupcake (kue mangkok )= Google internal code name for the Android OS version 1.5.2.
CPU= merupakan singkatan dari Central Processing Unit atau Unit Pengolah Pusat. Secara awam, kita sering menyebutnya sebagai prosesor.

22.CWM (Clock Work Mod) = Alat pengganti default android recovery yang digunakan untuk install costum rom, dan memiliki fitur backup, Aplikasi ini asalnya dibuat oleh Koush, untuk mengatur ROM di hp Android. Banyak kegunaan CWM ini salah satunya untuk membackup dan restore aplikasi, menghapus (wipe) data di sistem dan di cache (Dalvik). Biasanya diperlukan untuk menginstall (flashing) ROM baru, menjalankan atau mematikan Lag fix dari kernel Voodoo dsb.

23.CM= Cyanogen Mod, developer yang memodifikasi ROM.

24.Dalvik= Nama khusus di Android untuk program Java virtual Machine(VM) yang menjalankan perintah kode aplikasi android. Setiap aplikasi berjalan di Dalvik VM dan tidak berpengaruh secara langsung ke sistem operasi Android. Jika misal satu aplikasi 'rusak', maka hanya VM dimana Dalvik untuk aplikasi itu yang tidak berfungsi.

25.Diagnostic Mode= Tombol Capture + Power. mode boot untuk test ( pake tombol volume untuk pilih item). 

26.Donut (Donat)= Google internal code name for the Android OS version 1.6.

27.Deodex= Proses Deodexing singkatnya adalah proses pengepakan kembali APK dengan ODEX dengan cara tertentu. Proses pengepakan ini akanmenjadi file dengan CLASSES.DEX, Dengan melakukan DeOdexing, semua paket dari APK yang sebelumnya terpisah di satukan kembali di satu file APK, sehingga menghilangkan kecemasan bahwa APK yang dimodifikasi akan konflik dengan beberapa file ODEX. Dengan kata lain, ROM yang telah DeODEXed, memiliki paket aplikasi yang telah di jadikan satu kembali dalam satu file APK, sehingga mengijinkan modifikasi pada file APK seperti perubahan THEMA. Karena tidak ada kode/bagian paket aplikasi yang lokasinya berbeda maka integritas paket tetap terjaga.

28.Download Mode = Satu proses yang biasa dilakukan untuk flashing ROM menggunakan Odin. Tekan Volume bawah + Home + Power sampai layar 'Download Mode' (warna kuning) muncul. Konek kabel USB ke komputer dan buka Odin. Di Window Odin akan ada satu kotak yang menandakan Odin telah mengenali hanphone dan siap untuk proses flashing.

29.Eclair = Google internal code name for the Android OS version 2.0 dan 2.1. 

30.Ext2 / Ext3/Ext4 = Format partisi pada linux ,seperti layaknya FAT32 dan NTFS pada windows. 

31.Froyo ( Frozen Youghurt - Youghurt beku ) = Google internal code name for the Android OS vesion 2.2. 

32.Fastboot = Tool yang digunakan untuk mem-flash image sistem ke handheld dari komputer. 

33.Firmware = Software bawaan dari suatu alat digital, misal handphone, PSP dll.

34.Flash = Istilah yang hampir sama dengan Flash adalah instal tapi sebenarnya tidak sama. Proses flash akan mentransfer data ROM, Kernel,Recovery atau paket firmware ke dalam internal ROM di android. 

35.Framework : Tampilan-tampilan dasar pada firmware, seperti battery bar, signal bar, notification bar. 

36.Gal *** = Singkatan dari HH Android keluaran samsung, contoh: Galmin untuk Galaxy Mini, Gal Note untuk Galaxy Note.

37.GUI = Graphical User Interface, interface aplikasi yang lebihbersifat graphic (gambar).

38.GPU = Graphics Processing Unit , sebuah prossesor khusus untuk untuk bagian grafis 3D dari micro processor. Alat ini digunakan di sistem benam, telepon genggam, komputer pribadi, workstation, dan konsol game. GPU Modern sangat efisien dalam memanipulasi komputer grafis dan struktur paralel, membuatnya lebih efektif dari fungsi umum CPU yang digunakan untuk bebagai perhitungan alogaritma. Pada komputer pribadi(PC), GPU biasanya terdapat di video card atau dimotherboard. Lebih dari komputer desktop dan notebook mempunyai GPU yang terintegrasi, yang biasanya jauh daripada yang ada di video card. 

39.GMS = Google Market Services, tempat downloadnya aplikasi-aplikasi di Android (Seperti apps store di iphone, appworld di BlackBerry).

40.GPS (Global Positioning System) = sistem penentuan lokasi berdasarkan sinyal satelit yang akan menghasilkan informasi berupa koordinat, latitude dan lokasi dalam peta. Dibutuhkan 3 komponen dalam penentuan lokasi yaitu satelit, receiver GPS dan posisi yang bebas halangan

41.Honeycomb = Google internal code name for the Android OS vesion 3.0, biasa digunakan untuk tablet.

42.HH (HandHeld) = Sebuah peralatan bergerak, juga dikenal sebagai peralatan telepon genggam, peralatan genggam,komputer genggam, palmtop atau hanya alat genggam adalah sebuah peralatan komputer seukuran kantong, yang memiliki layar tampilan dengan masukan sentuhan atau papan ketik mini. Untuk personal digital assistant (PDA) masukan dan keluaran digabungkan ke dalam sebuah antarmuka layar sentuh. Telepon pintar(Smartphone) dan PDA sangat populer di antara orang-orang yang membutuhkan bantuan dan kenyamanan komputer konvensional. Enterprise digital assistant dapat memperluas fungsi yang tersedia untuk pengguna bisnis dengan menawarkan layanan pengambilan data terintegrasi seperti pembaca BarCode, RFID, dan Smart Card. 

43.IMAP = Internet Message Access Protocol, salah satu protocol untuk retreive email selain POP3. 

44.ICS (Ice Cream Sandwich) = Google internal code name for the Android OS vesion 4.0, OS yang dilengkapi dengan facelock.apk. 

45.Install = Memasang aplikasi tersebut pada system. 

46.Jit(just in time) = dalam android jit semacam tweaking agar CPU dan I/O device dapat bekerja maksimal.

47.Jellybean = Google internal codename for the Android OS vesion 5.0.

48.Kernel = Fungsi Kernel adalah sebagai jembatan antara OperatingSystem (OS) dan hardware. Dengan kata lain, kernel berfungsi sebagaipenghubung antara sofware dengan hardware. Dalam konteks hanphone Android, kernel juga menyimpan informasi driver untuk hardware. Oleh karenanya Kernel bisa diganti dengan proses flashing untuk meningkatkan performa hardware Android, misalnya overclock, memaksimalkan kemampuan suara, grafis dan lain-lain. 

49.Maemo = jenis operating system N900 yang ditanamkan oleh nokia, OS nya salah satu distro nya Linux. 

50.Miley = julukan untuk Milestone,salah satu android rakitan nya Motorola.

51.NAND : Tipe flash memory yang digunakan di handheld, The type offlash memory that is used in the HTC Dream, istilah ini biasanyadigunakan menggantikan istilah ROM.

52.Nandroid : utility yg dipake buat bikin image untuk backup maupun restore.

53.NAND Backup = Proses mengkopi sistem (yang di Android disebutsebagai 'Image') termasuk informasi partisi OS di Android. Proses iniTIDAK membackup Kernel dan sistem Recovery. 

54.Normal Mode : cara normal menghidupkan handheld. 

55.N900 = seri nokia 900 (untuk nokia seri ini dapat diinstall android sebagai OS dari pihak ketiga).

56.OTA (Over The Air) = Over The Air, suatu metode pengiriminan data, Update yang resmi disediakan oleh penyedia atau pembuat handphone langsung ke pemakai. Dengan OTA ini HP kamu bisa mengetahui jika ada update terbaru seperti: Firmware, Profile, PRL (Profile Roaming List)dan Android. Proses update OTA biasanya berlaku untuk stock ROM saja. Jika HP kamu sudah DIROOT disarankan untuk JANGAN MELAKUKAN UPDATE MELAUI OTA. Sebagian besar pemakai yang sudah meroot HP melaporkan ada masalah seperti: bootloop, hang dan bahkan nge-brick. Biasanya istilah dipakai pada aktifitas meng-update (istilah lainnya mungkin download).

57.RC (Release Candidate) = Merupakan tahap terakhir dari pengetesan oleh para tester. Versi ini bisa dibilang hampir sempurna. Jika ada bugs, biasanya tidak parah atau tersembunyi.

58.Odex = Dalam file sisten Android, aplikasi berbentuk paket dengan extensi APK. Paket aplikasi atau APK ini mempunyai file ODEX yang fungsi sebenarnya adalah untuk menghemat ruang penyimpanan. File ODEX ini sebenernya koleksi dari bagian dari aplikasi yang di optimalkan sebelum proses boot. Dengan begitu, adanya file ODEX akan mempercepat proses BOOT karena meload bagian dari aplikasi-aplikasi yang ada. Di sisi lain, adanya ODEX mempersulit proses hacking terhadap APK, karena beberapa bagian dari APK telah di extract dan berada di lokasi yang lain sebelum dieksekusi. 

59.Partisi = Membagi memori external membagi beberapa bagian. 

60.POP3 = Post Office Protocol 3, salah satu protocol TCP/IP port 110 dalam menarik email. 

61.Robot ijo = julukan nya untuk android , karena logo nya android berbentuk robot dan warna nya hijau.

62.Root = super user di salah OS (dalam hal ini Android) dan nge-root =proses untuk merubah privilage dari user biasa jadi root.

63.Recovery Mode = Tombol Home + Power, pada mode boot ini, kita bisa membuka shell, mem-flash image, bikin Backup maupun Restore. Teken Call +Menu + Power beberapa kali untuk keluar dr mode ini.

64.Resolusi = Jumlah pixel per satuan panjang citra, biasa dng satuandpi (dot per inch) pixel, untuk konversi dicontohkan 300 dpi pixel = 1/300inches = 1/300x2.54 cm = 0.00847 cm.

65.ROM = Read Only Memory, suatu area dari flash memory yang tidak bisa "ditulis/diisi", biasanya digunakan dalam memory komputer (tempat BIOS) yang tidak membutuhkan power untuk menyimpan data. Dalam handphone (Android), ROM disini adalah internal memory tempat OS (Android) disimpan. Jadi ROM untuk handphone Android bisa dikatakan tempat/daya tampung OS dan kadang langsung diidentikkan dengan versi OS itu sendiri. Proses flash ROM akan mengganti total OS di Android dan kadang termasuk Kernel dan Recoverymode. Secara resmi (Stock) ROM terdiri dari 3 komponen: OS, Kernel dan Recovery dan beberapa aplikasi yang terintegrasi untuk menjalankan Android. ROM yang dibuat bukan oleh Google biasanya dinamakan Custom ROM dan tentunya berasal dari Stock ROM yang dimodifikasi. Orang yang membuat Custom ROM bisa memasukkan Kernel (Stock atau  Custom), Recovery (Stock atau Custom), aplikasi tambahantergantung pembuatnya. 

66.RAM = Random access memory, adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dandrum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. 

67.Safe Mode = Tombol Menu + Power, boot handheld secara normal tetapi tanpa registrasi dengan Google, makanya aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengannya tidak bakalan berfungsi (Map, Gmail account, Market, dll). 

68.SPL = Secondary Program Loader (mirip seperti BIOS - Basic Input Output System ), bagian kedua terdiri dari bootloader.

69.Screen Capture/SS (Screen Shoot) = Istilah dalam android untuk mengambil gambar/screen shot yang diinginkan biasa mengunakan aplikasi pihak ketiga atau tombol home dan power.

70.Stable = Versi yang stabil dan hampir tidak ada bugs. 

71.Swap = mempermudah kinerja RAM (bukan menambah RAM), jadi tidak akan ada peningkatan pada hasil benchmark DLL. Pada umumnya ini di gunakan pada hp dengan RAM rendah (contoh RAM 128/256) untuk supaya bisa menjalan kan lebih banyak app (multitasking) sedangkan untuk DS RAM 512 jumlah ini sudah cukup untuk menjalankan multitasking di froyo 2,2 (mungkin tidak akan cukup dihoneycomp 3.0) tapi kita masih dapat menggunakan swap di DS supaya kinerja RAM menjadi ringan (dengan anggapan bisa menghemat tenaga baterai) kecepatan sdcard class 6 boleh di bilang sama dengan kecepatan internal memory, jadi pada saat system menggunakan swap yang tersedia tidak akan ada lag. 

72.Tweak = sebuah fasilitas (utility) yang tersedia pada sistem operasi atau proses yang dapat mengoptimalisasikan kinerja sistem operasi. 

73.Wipe data/factory reset = sama seperti factory reset.

74.Wipe cache partition = menghapus partisi pada SDCard.

75.Widget = salah satu aplikasi yang GUI nya lebih bersifat interaktif.

Semoga artikel ini bisa membantu Newbie-newbie.

Selamat berkarya, dan majukan Pemikiran kita untuk Indonesia dimasa depan !

Sekian dan Wassalamu'alaikum wr.wb,
Judul : Istilah-istilah dalam dunia Android
Rating : 100% based on 9759 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Ilham Sanusi

Terimakasih atas kunjungan Sobat beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jika ada yang kurang paham dapat ditanyakan melalui kotak komentar dibawah ini.

0 Response to "Istilah-istilah dalam dunia Android"

Post a Comment