Cara Mengkalibrasi Sensor Pada Smartphone Anda

Sensor adalah  komponen kecil yang sering diabaikan, tapi sebenarnya jauh lebih penting. Fungsi Sensor sebagian besar digunakan pada smartphone Anda. Sensor  membantu Smartphone menghemat daya baterai.
Kita akan lihat bagaimana mengkalibrasi dan menjaga sensor smartphone Anda dalam keadaan baik.

Sensor gerak adalah bagian paling penting dari permainan tertentu, seperti Asphalt 8 atau Real Racing 3. Sensor kedekatan juga membantu kita untuk menyimpan banyak daya baterai dengan mematikan layar sementara saat kita sedang berbicara di telepon, atau dengan mengukur suhu dan menyesuaikan kecerahan.
Tapi dari waktu ke waktu, untuk beberapa alasan yang tidak diketahui, sensor berhenti bekerja tidak seperti seharusnya. Sebelum memutuskan apakah itu rusak atau tidak, kita akan mencoba untuk mengkalibrasi itu. Kadang-kadang masalah akan bisa kita perbaiki sendiri.

Mengkalibrasi Sensor
Beberapa model Xperia datang dengan perangkat lunak mereka sendiri untuk mendiagnosa kinerja sensor. (Foto: Androidpit.com)

Memeriksa apakah sensor bekerja

Seperti yang saya katakan, sensor sangat penting untuk banyak fungsi dasar pada ponsel Anda, tetapi dari waktu ke waktu mereka dapat  berhenti bekerja. Kadang-kadang, masalahnya adalah bahwa aplikasi yang menggunakan sensor tertentu tidak menafsirkan data dengan benar. Untuk mengetahui apa yang terjadi, satu-satunya hal yang harus Anda lakukan adalah men-download aplikasi yang berbeda yang menggunakan sensor yang sama dan mencobanya. Misalnya, jika di Asphalt 8 mobil tidak menanggapi gerakan Anda, coba di Real Racing 3.

Ini tidak semudah menguji aplikasi lain. Pada kesempatan yang lain, Anda harus menggunakan salah satu aplikasi untuk masuk ke kedalaman smartphone Anda, untuk memeriksa apakah sensor bekerja atau tidak.
Dalam beberapa kasus, seperti Sony Xperia (seperti Xperia Z3 ), ponsel dilengkapi dengan alat diagnostik. Anda dapat menemukannya dengan pergi ke Settings> About phone> Diagnostik. Jika Anda pergi ke tab Test, Anda dapat memeriksa kinerja masing-masing sensor secara terpisah atau melakukan diagnosis lengkap.

Kode rahasia Android
Kode rahasia Android  tidak sulit untuk digunakan. (Foto: Androidpit.com)
Untuk perangkat yang tidak didukung dengan alat diagnostik, kita memiliki pilihan untuk menguji kinerja sensor dalam menu tersembunyi. Untuk mengaksesnya, Anda harus pergi dialer telepon dan masukkan ke dalam kombinasi nomor tertentu. Android memiliki kode rahasia untuk mengakses setiap pengaturan tersembunyi mereka, tetapi ada beberapa kode yang berubah sesuai dengan produsen. Anda dapat menguji kinerja sensor Anda, juga fitur lain seperti kamera, layar atau audio dalam mode diagnostik yang berbeda.
Sebagian besar Smartphone Android memakai kode, * # * # 4636 # * # * untuk mengakses informasi status tentang beberapa komponen dan statistik penggunaan. Untuk perangkat Xperia memakai kode ini, * # * # 7378423 # * # *, Anda akan dapat memeriksa apakah sensor bekerja dengan benar atau tidak.

menu pada Sony Xperia Z2
Rahasia menu pada Sony Xperia Z2. (Foto: Androidpit.com)

Meng-kalibrasi sensor

Ada banyak alasan yang mungkin ingin mengkalibrasi sensor ponsel mereka. Ini mungkin tidak diperlukan, tetapi jika Anda ingin memastikan bahwa semuanya dikalibrasi dengan sempurna. Atau mungkin ada sensor yang tidak bekerja dengan baik, dan Anda ingin menjalankan fitur ini untuk melihat apakah itu rusak atau tidak. Apapun alasan Anda, beberapa sensor Anda dapat dikalibrasi, meskipun hal ini tergantung pada ponsel Anda.

Pada beberapa perangkat LG, dimulai dengan LG G2 , Anda dapat mengkalibrasi sensor gerak dengan pergi ke Settings> tab General> Motion. Yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti arah dalam hitungan detik, sensor Anda akan dikalibrasi. Ada beberapa merek, seperti Sony, yang tidak membiarkan Anda mengkalibrasi semua sensor. Dalam hal ini, akan lebih baik untuk mengakses Google Play dan menemukan sebuah aplikasi yang dapat mengkalibrasi sensor Smartphone Anda. Jika tidak ada satupin yang tersedia, ada lagi, cara yang lebih drastis untuk melakukannya. Mengatur ulang telepon Anda ke pengaturan pabrik biasanya akan mengkalibrasi ulang semua sensor otomatis.

modul xposed (Xposed Installer)
Pengguna dengan kerangka modul xposed (Xposed Installer) memiliki lebih banyak pilihan.(Foto: Androidpit.com)
Untuk pengguna yang suka dengan ROM modifikasi, modul xposed cocok untuk jenis pengguna itu, memiliki lebih banyak pilihan untuk personalisasi dan mengontrol sensor pada smartphone mereka.
Namun, jika Anda punya cara lain untuk mendiagnosa dan mengkalibrasi sensor telepon Anda, Anda bisa berbagi metode Anda dengan saya di komentar.
Apakah Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga? Apakah ROM Anda termasuk pilihan kalibrasi?
Judul : Cara Mengkalibrasi Sensor Pada Smartphone Anda
Rating : 100% based on 9759 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Ilham Sanusi

Terimakasih atas kunjungan Sobat beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jika ada yang kurang paham dapat ditanyakan melalui kotak komentar dibawah ini.

0 Response to "Cara Mengkalibrasi Sensor Pada Smartphone Anda"

Post a Comment